Senin, 09 Januari 2012

Mengunyah Permen Karet Dapat Mengencerkan Kinerja Otak

Meski hanya sebuah kegiatan mengunyah, ternyata makan permen karet dapat memengaruhi kemampuan otak dalam menggapai prestasi. Tidak heran jika olahragawan – seperti atlet sepakbola dan basket – sering kedapatan mengunyah permen karet saat bertanding. Itu dilakukan agar menstimulasi otak untuk meningkatkan kinerjanya.
permen karet
Mengunyah permen karet juga efektif mendongkrak prestasi belajar siswa saat harus berhadapan dengan ujian sekolah. Mereka yang mengunyah permen karet saat mengerjakan soal, mampu meraih nilai yang lebih baik dibanding siswa yang tidak ada gerakan mengunyah di mulutnya. Menurut Profesor Serge Onyper, seorang psikolog dari St. Lawrence University di Canton, New York, meningkatnya kemampuan otak tersebut dipicu oleh pengaruh “gairah mengunyah” atau mastication-induced arousal.
Dalam penelitian Onyper, saat siswa mengunyah permen karet , ada waktu selama kurang lebih 20 menit bagi otak siswa itu untuk menunjukkan prestasi lebih dalam mengerjakan soal. Hanya saja, Onyper tidak menyarankan siswa memakannya saat mengerjakan soal. Namun, sebaiknya dilakukan sekitar lima menit sebelum ujian dimulai.
Alasannya, ada aktivitas bertentangan antara mengunyah dengan berpikir. Jika mengunyah permen karet dilakukan sebelum ujian, pikiran dapat berkonsentrasi penuh tanpa terganggu dengan kegiatan mengunyah. Dan, otak dalam masa “gemilangnya” untuk diajak berpikir.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Rezka - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Makassar